Komarudin Tasdik*

Sunday, October 28, 2012

CARA BELAJAR BAHASA INGGRIS TIAP HARI

CARA BELAJAR BAHASA INGGRIS TIAP HARI

Berbagai cara telah banyak diperkenalkan untuk menjadikan kita mampu memahami bahasa Inggris. Saya mencoba beberapa cara, tapi yang sering dilakukan adalah menerjemahkan materi komputer dari buku bahasa Inggris ke dalam bahasa Indonesia. Materi komputer diambil karena saya kuliah di jurusan Sistem Informasi. Alasan saya, sambil belajar bahasa Inggris, materi kuliahpun terbaca.

Saya membiasakan diri menerjemahkan minimal satu paragraf tiap hari. Seringkali lebih dari satu paragraf. Waktu yang dijadwalkan untuk belajar bahasa Inggris minimal seperempat jam tiap hari. Cara ini dilakukan secara rutin sejak masuk kuliah semester 1 dan berlangsung sampai selesai kuliah. Hasilnya, nilai matakuliah bahasa Inggris bagus, bahkan dosen bahasa Inggris sangat mengenal nama saya karena cukup aktif di kelas.

Walaupun sampai saat ini kemampuan bahasa Inggris saya masih sangat sedikit, tapi usaha yang sudah dilakukan di atas sangat membantu pada saat saya harus membaca berbagai referensi berbahasa Inggris. Salah satunya, skor TOEFL institusional lumayan mencapai lebih dari 450 atau setingkat nilai AB. Hal ini dijadikan kesimpulan sementara bahwa belajar bahasa Inggris tiap hari walau sebentar itu sangat membantu saya memahami bahasa Inggris. Kesimpulan ini diambil ketika melihat teman-teman yang bahasa Inggrisnya jauh lebih jelek dibanding saya. Ternyata mereka hanya membaca bahasa Inggris ketika butuh saja, seperti mau ujian atau ada tugas.

Untuk menambah kemampuan bahasa Inggris, saat ini saya belajar menulis artikel dengan topik bebas tiap hari sekitar 1 halaman (kira-kira 200 kata) dalam bahasa Inggris semampunya. Sebenarnya, saya menargetkan sebanyak 3 artikel (atau 3 halaman) per hari.


Artikel Terkait:

No comments:

Post a Comment